Cara Memilih Perusahaan Efek atau Perusahaan Sekuritas yang Terbaik ?

Berinvestasi saham tidak lepas dari adanya resiko, namun bagaimana caranya untuk meminamilisir resiko tersebut sehingga mendapatkan return yang maksimal ?, Pertama, yang harus dilakukan untuk memulai berinvestasi saham adalah harus memahami bahwa setiap transaksi harus melalui Wakil Perantara Pedagang Efek yang berada di dalam Perusahaan Sekuritas. Ada ratusan perusahaan sekuritas yang beroperasi di Indonesia. Sebagai investor sudah selayaknya memilih perusahaan sekuritas yang memiliki kinerja baik sebagai tempat bertransaksi saham. Bagaimana caranya memilih perusahaan sekuritas yang bagus, aman, dan dapat membantu dalam bertransaksi saham ?.

perusahaan efek atau perusahaan sekuritas

perusahaan efek atau perusahaan sekuritas

Sebelum Anda memutuskan Perusahaan Sekuritas yang akan menjadi pialang Anda, sebaiknya Anda menghubungi terlebih dahulu beberapa Perusahaan Sekuritas dan membandingkan pelayanan dan biaya yang mereka tawarkan. Perhatikan layanan dan fasilitas apa saja yang diberikan oleh Perusahaan Sekuritas.

  1. Apakah perusahaan sekuritas sudah berpengalaman dan beroperasi sejak lama ? (jadi, jika perusahaan sudah berpengalaman dan suduh cukup lama beropreasi dalam pasar modal, apalagi dikenal oleh masyarakat, artinya perusahaan sekuritas tersebut telah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat untuk mengelola dananya di investasi saham)
  2. Apakah pembukaan account perusahaan sekuritas terbilang mudah dan terstruktur ?
  3. Apakah perusahaan sekuritas memiliki track record bersih dari pelanggaran-pelanggaran sesuai peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ? (tidak terkena suspend, karena, jika perusahaan sekuritas dikenai suspend oleh BEI (Bursa Efek Indonesia, maka akan menghambat investor untuk bertransaksi saham/ jual beli saham)
  4. Apakah perusahaan sekuritas tersebut memiliki MKBD (Modal Kerja Bersih Disesuaikan) cukup besar ? (karena semakin besar modalnya, semakin kuat sekuritas tersebut. Dengan modal yang besar akan semakin banyak transaksi yang dilakukan dan semakin banyak pula aktivitas bisnis yang dijalani)
  5. Apakah dapat melaksanakan / mengeksekusi pesanan Anda dengan tepat waktu dan mudah dihubungin ?(karena dalam berinvestasi saham juga harus melihat dari waktu yang tepat untuk beli dan jual, jika investor yang menggunakan jasa broker/dealer sulit untuk menghubungi broker/dealernya maka kesempatan untuk mendapatkan posisi bertransaksi saham akan gagal)
  6. Apakah perusahaan sekuritas memiliki fasilitas online trading yang mudah dimengerti, mudah diakses dan tidak terlalu sering mengalami gangguan trading ? ( hal ini sangat penting bagi calon investor yang ingin bertransaksi sendiri, karena dengan menggunakan fasilitas online trading yang mudah dimengerti, dan mudah diakses lewat berbagai teknologi (computer, laptop, android, blackberry, iphone, tablet) maka akan mempermudah dalam bertransaksi saham)
  7. Apakah perusahaan sekuritas dapat memberikan nasihat investasi dalam mengelola portfolio saham ?
  8. Apakah perusahaan sekuritas memiliki unit riset dan team analis yang kompeten, netral dan objektif dalam melakukan riset (berkualitas dan komprehensif) ?
  9. Apakah Perusahaan Sekuritas memiliki pialang dan pegawai yang telah memiliki lisensi wakil perantara pedagang efek (WPPE), wakil manajer investasi (WMI) dan wakil penjamin emisi (WPEE) yang dikeluarkan oleh Standar Profesional Pasar Modal (SPPM) ?.
  10. Apakah komisi atau fee ini setiap transaksi yang dilakukan investor (jual atau beli) yang ditawarkan cukup murah ? tetapi tetap ingat dalam melihat komisi dan biaya harus dipertimbangkan tanpa mengabaikan kualitas pelayanan dan fasilitas yang diberikan. Selain itu, pastikan berapa jumlah deposit minimal yang harus Anda setorkan dan konfirmasikan juga bunga yang Anda terima atas deposit pada perusahaan sekuritas tersebut.

Jadi sebagai calon investor harus teliti sebelum menentukan perusahaan sekuritas yang akan digunakan dalam berinvestasi. Pastikan memilih perusahaan sekuritas yang bagus, benar, aman dan lebih baik memilih perusahaan sekuritas yang bereputasi baik dan dapat dipercaya.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *