Apa itu Investasi ?

Investasi adalah menempatkan uang atau dana dengan harapan untuk memperoleh tambahan atau keuntungan tertentu atas uang atau dana yang ditempatkan tersebut di masa yang akan datang. Alasan mengapa seseorang ingin melakukan investasi adalah, pertama untuk mendapatkan kehidupan yang lebih layak di masa yang akan datang, maksudnya adalah seseorang berpikir bagaimanacara meningkatkan taraf hidupnya dari waktu ke waktu. Alasan yang kedua adalah untuk mengurangi tekanan inflasi, dengan melakukan investasi, seseorang dapat menghindarkan diri agar kekayaanya atau harta miliknya tidak merosot nilainya karena digerogoti oleh inflasi dan alasan ketiga adalah investasi dapat menjadi salah satu faktor dalam menghemat pajak, pada beberapa negara termasuk Indonesia melakukan kebijakan yang sifatnya mendorong tumbuhnya investasi di masyarakat melalui fasilitas perpajakan yang diberikan kepada masyarakat yang melakukan investasi pada bidang-bidang tertentu salah satunya adalah investasi di pasar uang dan pasar modal.

apa itu investasi

apa itu investasi

Kita sering mendengar tentang investasi di pasar modal dan investasi di pasar uang. Investasi di pasar uang contohnya deposito dan mata uang sedangkan investasi di pasar modal adalah investasi yang masih relativ masih baru bagi masyarakat Indonesia. Karena hal inilah banyak orang belum mengenal bagaimana melakukan investasi di pasar modal. Pasar modal di Indonesia, sementara ini mempunyai objek investasi yang diperdagangkan berupa surat-surat berharga seperti saham, obligasi, dan reksadana. Sama halnya dengan investasi di bidang lain, untuk melakukan investasi di pasar modal selain diperlukan pengetahuan yang cukup, pengalaman, serta naluri bisnis untuk menganalisis efek atau surat berharga mana yang akan dibeli, dan yang mana yang akan dijual, serta efek mana yang akan tetap di pegang atau di hold. Dan bagi calon investor yang tidak atau belum mempunyai keterampilan untuk melakukan investasi di pasar modal, dapat meminta pendapat kepada lembaga pasar modal, seperti Perantara Pedagang Efek, yaitu seseorang atau badan yang melakukan usaha jual beli efek untuk kepentingan dan atas nama orang lain dan keuntungan yang diporeleh adalah berupa komis dari transaksi tersebut. Dan disamping melakukan jual beli efek, Perantara Pedagang Efek juga melakukan investasi yang baik dan daapat menunjukkan efek-efek yang dapat dipilih untuk dibeli atau dijadikan sebagai pilihan investasi baik jangkan pendek ataupun jangka panjang. Hal inilah yang membuat pentingnya Wakil Perantara Pedagang Efek dalam pasar modal untuk membantu investor melakukan investasi di pasar modal, untuk itu bagi orang yang ingin menjadi Wakil Perangtara Pedagang Efek harus mengikuti suatu tahap tes kecakapan dalam bidang pasar modal yaitu Ujian Standar Profesi Pasar Modal.

2 comments on “Apa itu Investasi ?”

  1. Hebergeur Reply

    Mungkin masih ada jenis investasi di sektor lain. Paling tidak anda sudah mendapatkan gambaran tentang apa itu investasi. ??

    • Rafki Reply

      Saya ingin belajar banyak ttg pengelolaan investasi jual beli saham ini, saya sangat tertarik, adakah yg bisa membantu saya?

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *